4 Jul 2024 01:08 - 4 menit membaca

JANGAN SAMPAI TERLEWAT! Inilah Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah

Bagikan

Tenggulangbaru.id – Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah atau Qomariyah. Muharram termasuk dalam kategori Asyhurul Hurum, bulan-bulan yang dimuliakan dalam Islam. Pada bulan ini, umat Islam dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT menyebutkan bahwa bulan Muharram termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan. Hal ini termaktub dalam Surat At-Taubah ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauhul Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.” (QS: At-Taubah: 36)

Peristiwa Bersejarah dalam Bulan Muharram

Bulan Muharram menyimpan banyak peristiwa bersejarah. Allah SWT memberikan pertolongan kepada Nabi Musa a.s. dan kaumnya dari kezaliman Fir’aun pada tanggal 10 Muharram.

Di bulan ini juga, Allah menyelamatkan Nabi Nuh a.s. dan kaumnya dari banjir bandang. Kedua nabi tersebut berpuasa pada hari-hari keselamatan tersebut sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Penetapan Kalender Hijriyah

Kalender Hijriyah ditetapkan pada masa kepemimpinan Khalifah Sayyidina Umar bin Khattab r.a. pada tahun 17 H. Penetapan bulan Muharram sebagai awal tahun Hijriyah bertujuan untuk menyatukan kalender umat Islam.

Amalan di Bulan Muharram

Pada bulan Muharram, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik. Amalan tersebut meliputi shalat, puasa, dan menyenangkan keluarga.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah membaca doa akhir dan awal tahun Hijriyah.

Doa Akhir Tahun Hijriyah

Doa akhir tahun Hijriyah dibaca setelah melaksanakan shalat Ashar pada akhir bulan Dzulhijjah sebanyak tiga kali. Berikut adalah teks doa akhir tahun Hijriyah:

> بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَلِمْتُهُ فِيْهَا مِمَّاتَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ  يَاكَرِيْمُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ. اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَتَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَّعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, beserta keluarganya dan para sahabatnya. Ya Allah, segala perbuatan yang aku lakukan tahun ini, yang Engkau larang aku melakukannya dan aku belum bertaubat darinya, yang tidak Engkau ridhai dan Engkau tidak melupakannya, namun Engkau tetap bersabar terhadapku setelah mampu menghukumku, dan Engkau mengajakku untuk bertaubat darinya setelah keberanianku dalam melanggar perintah-Mu, maka aku memohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku. Dan segala perbuatan yang aku lakukan tahun ini yang Engkau ridai dan Engkau janjikan pahala untuknya, maka aku memohon kepada-Mu, ya Allah Yang Maha Mulia, ya Pemilik Keagungan dan Kemuliaan, terimalah amalanku dan janganlah putuskan harapanku dari-Mu, ya Yang Maha Mulia. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, beserta keluarganya dan para sahabatnya.”

Doa ini merupakan permohonan ampunan kepada Allah atas segala dosa yang telah dilakukan selama setahun penuh. Dengan membaca doa ini, umat Islam berharap agar dosa-dosa tersebut diampuni oleh Allah SWT.

Doa Awal Tahun Hijriyah

Setelah melaksanakan shalat Maghrib pada awal malam tanggal 01 Muharram, doa awal tahun Hijriyah dibaca sebanyak tiga kali. Berikut adalah teks doa awal tahun Hijriyah:

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، وَصَلَّى اللّهُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، اَللّهُمَّ أَنْتَ الآَبَدِيُّ القَدِيْمُ الآَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَجُوْدِكَ المُعَوَّلِ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الآَمَّارَةِ بِاالسُّوْءِ وَالإِشْتِغَالِ بِمَايُقَرِّبُنِي إِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ يَاأَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلَّمَ

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, beserta keluarganya dan para sahabatnya. Ya Allah, Engkaulah yang Abadi, yang Dahulu, yang Pertama, dan kepada karunia serta kemurahan-Mu kami selalu berharap. Tahun baru ini telah datang, kami memohon perlindungan kepada-Mu darinya dari setan, para pengikutnya, dan tentaranya, serta memohon pertolongan untuk melawan jiwa yang selalu memerintahkan keburukan, dan kesibukan dalam hal-hal yang mendekatkan diri kepada-Mu, wahai Pemilik Keagungan dan Kemuliaan, wahai Yang Maha Pengasih di antara para pengasih. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepada junjungan kami dan tuan kami, Nabi Muhammad, beserta keluarganya dan para sahabatnya.”

Doa ini adalah permohonan perlindungan dan bantuan dari Allah SWT untuk menghadapi godaan setan dan hawa nafsu. Dengan membaca doa ini, umat Islam berharap agar diberi kekuatan untuk meningkatkan amal ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Manfaat Membaca Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah

Membaca doa akhir dan awal tahun Hijriyah memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan selama setahun penuh. Selain itu, doa ini juga diharapkan membawa keberkahan dan perlindungan dalam menjalani tahun yang baru.

Dengan membaca doa akhir dan awal tahun Hijriyah, umat Islam berharap agar amal ibadah selama satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang diterima oleh Allah SWT. Selain itu, doa ini juga merupakan bentuk harapan agar segala perbuatan dosa diampuni dan dijauhkan dari perbuatan dosa di masa depan.

Jangan sampai terlewat untuk membaca doa-doa ini pada waktu yang telah ditentukan. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan keberkahan-Nya kepada kita semua. Wallahu A’lam.

(DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Recent Posts

Klasemen

- - Dame Maggie Smith: yang paling dikenal karena film Harry Potter dan Downton Abbey