PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi mengumumkan produksi kendaraan listrik pertama Toyota di Indonesia dan membuka peluang ekspor, yaitu Toyota All New Kijang Innova Zenix bermesin hybrid.
Dalam seremoni tersebut, turut hadir Airlangga Hartarto, Menko Bidang Perekonomian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian, Hao Quoc Tien, Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific, dan Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.
Baca Juga: Kelebihan Fitur All New Toyota Starlet, Mobil Baru Lebih Canggih Berapa Harganya?
Hao Quoc Tien dalam sambutannya mengatakan jika Toyota All New Kijang Innova Zenix akan diekspor ke beberapa negara.
Rencananya akan ada 13 negara tujuan dan diharapkan mobil buatan Karawang ini bisa diekspor ke 50 negara secara bertahap.
“Hari ini merupakan hari peluncuran mobil ikonik yang ada di Indonesia, Kijang. Toyota All New Kijang Innova Zenix ini di-develop secara mendalam oleh tim global yang juga disertai tim dari Indonesia,” kata Hao Quoc Tien di plant 1 TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).
Dalam acara tersebut, TMMIN memperkenalkan secara terbatas tampilan All New Kijang Innova Zenix.
Airlangga Hartarto beserta Agus Gumiwang Kartasasmita turut menandatangani mobil tersebut sebagai langkah produksi perdana kendaraan elektrifikasi di Indonesia.
Selain melakukan seremonial, TMMIN juga turut menyerahkan 10 unit alat Augmented Reality (AR) kepada 10 sekolah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.
Alat bantuan ini pun diharapkan bisa membantu edukasi mengenai kendaraan elektrifikasi milik Toyota.
“Diharapkan Toyota All New Kijang Innova Zenix ini bisa diekspor ke 13 negara agar Indonesia bisa menjadi basis ekspor. Sekali lagi saya ucapkan selamat,” pungkas Airlangga Hartarto.
Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Toyota Kijang generasi ketujuh di Indonesia ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok. Platform ini menggantikan struktur ladder on frame pada Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).
“Hari ini kami hadirkan Kijang baru generasi ketujuh, All New Kijang Innova Zenix, sebagai inovative multipurpose crossover. Dengan desain mewah dan tangguh, spacious, customer-centric dan ramah lingkungan, serta menjadi solusi mobilitas terbaru yang sesuai dengan kebutuhan keluarga modern, milenial dan loyalis Kijang Innova saat ini,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto dalam sambutannya di peluncuran Kijang Innova Zenix di Jakarta, Senin (21/11/2022).
Dari segi desain eksterior, tampang Toyota Kijang Innova Zenix berubah total. Desain Kijang generasi terbaru ini mengadopsi postur tubuh khas crossover.
Di depan, Kijang Innova Zenix menghadirkan desain grille trapezoidal dan lampu LED tipis. Profil desain yang kokoh diwakili lekukan tegas disertai pilar A yang lebih tegak.
Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm dengan wheelbase 2.850 mm sehingga posisi velg lebih dekat ke sudut bumper. Tampilannya makin gagah dengan side body moulding dan rocker body moulding tebal serta velg berukuran besar. Tipe Q HV menggunakan velg alloy 18 inchi, tipe V memakai velg alloy 17 inchi dan tipe G punya velg alloy 16 inchi.
Di belakang, ciri khas crossover tangguh tergambar dari desain bodi yang kokoh, sudut pilar D yang lebih landai, serta diperkuat oleh diffuser dan rear spoiler.
Beralih ke interiornya, Kijang Innova Zenix lebih berkelas dengan sentuhan lapisan kulit sintetis. Mobil ini menggunakan layar MID 7 ichi untuk model Hybrid EV dan 4,2 inchi untuk model bensin. Setir mewahnya terdapat tombol TSS untuk mengoperasikan fitur Toytoa Safety Sense (TSS), display, dan cruise control untuk tipe Q HV.
Innova Zenix tipe Q HV dan V hadir dengan layar audio 10 inchi, dan tipe G menggunakan layar 9 inchi. Terdapat smartphone conectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking. Khusus tipe Q HV ada layar 10 inchi Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection untuk bangku baris kedua.
Fitur-fiturnya cukup lengkap. Ada Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB + BH), Start Stop Button + Smart Entry, wireless charger untuk model Q HV, serta 4 USB C slot. Toyota juga menyematkan Digital Auto AC dengan Dual Zone di semua tipe Innova Zenix. Bahkan, khusus Q HV ada captain seat, jok ottoman electric recline, power back door dengan Voice Command untuk membuka bagasi, serta Panoramic View Monitor dan DVR yang bertindak sebagai dashboard camera.
Toyota Kijang Innova Zenix terbaru menggendong mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Kalau dibandingkan pendahulunya, tenaga dan torsi mesin ini lebih besar dari Innova Reborn bensin, sementara dibanding Innova Reborn diesel tenaganya lebih besar tapi torsinya sedikit lebih kecil.
Toyota juga menghadirkan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV. Sistem ini diklaim mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada motor bakar dan motor listrik. Innova Zenix Hybrid EV dibekali mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FXS bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Ketika melaju, mesin 1.987 empat silinder Dual VVT-i ini diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS. Artinya, tenaganya meningkat dibanding Innova Reborn bensin (139 PS) maupun diesel (149 PS). Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dibekali baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.
Seluruh tipe Toyota Kijang Innova Zenix dilengkapi dengan transmisi CVT berkode K120. Transmisi ini mengombinasikan sabuk baja dan gigi transmisi yang dapat memperlebar jangkauan rasio transmisi. Mode Sequential Shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual. Ada juga uphill/downhill shift control untuk melewati rute pegunungan. Khusus tipe Hybrid, ditambahkan mode berkendara EV selain Eco, Normal, dan Power.
“All New Kijang Innova menjadi model MPV hybrid EV Toyota pertama yang lahir di Indonesia. Menggunakan platform dan mesin TNGA dengan mengadopsi teknologi hybrid EV generasi
Platinum White Pearl
Silver Metallic
Gray Metallic
Attitude Black
DK. Steel MC (Spot Order*)
Dengan Keamanan Tingkat Lanjut
Misi Toyota untuk terus membuat \”mobil yang lebih baik\”. Komponen kekuatan inti mobil yang ditingkatkan meningkatkan kinerja kendaraan dan menekankan kepribadian mobil yang menonjolkan fitur unik setiap model
Solusi integrasi yang dapat Anda akses melalui aplikasi mTOYOTA. Memberi Anda kenyamanan, memberikan ketenangan pikiran, dan membuat Anda tetap terhubung dengan mobil Anda
Suku cadang eksklusif Toyota sebagai pilihan untuk menyesuaikan mobil pilihan
Tinggalkan Balasan